Rabu, 28 Maret 2012

Badai Matahari

   Event Carrington terjadi pada 1 September 1859 pukul 11:18. Nama badai ini sesuai dengan orang yang mengabadikan peristiwa badai matahari yaitu Richard Carrington, seorang astronom. Badai Carrington merupakan suar matahari pertama yang didokumentasikan. Richard mendokumentasikan peristiwa ini menggunakan teleskop observatorium pribadinya dan membuat sketsa bintik matahari. Menurut ilmuwan NASA, peristiwa ini adalah badai matahari terbesar yang didokumentasikan dalam 500 tahun terakhir. National Oceanic Atmospheric Administration [NOAA] menyebutkan badai matahari Carrington memicu penampakan aurora besar yang dapat dilihat hingga Karibia. Badai ini menyebabkan komunikasi telegraf global terganggu dan memicu kebakaran.
    Titik cahaya yang berada di langit bagian utara, seperti yang tampak pada "pertunjukan" cahaya di kutub pada minggu lalu, merupakan efek dari badai matahari. Menurut para ahli tata surya, cahaya tersebut muncul satu kali dalam sebulan dalam periode waktu satu hingga dua tahun. 

Energi yang dihasilkan oleh badai matahari bersinggungan dengan medan magnet sehingga menghasilkan cahaya aurora yang indah pada pekan lalu. National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mengkategorikan badai matahari tersebut ke dalam skala S3 yang dihitung dari S1 hingga S5. Peningkatan nilai skala ditandai dengan tingkat salvo atau semburan cahaya yang muncul.

Pakar cuaca dari University of Michigan, Tamas Gombosi, menerangkan semburan cahaya yang dihasilkan oleh badai matahari. “Peningkatan siklus badai matahari akan menghasilkan banyak badai,” ujarnya. Ia menambahkan, terjadinya erupsi pada matahari merupakan suatu peringatan.
Menurut peneliti matahari dari Observatorium Bosscha, Dhani Herdiwijaya, selama satu tahun mendatang, bintik matahari terus tumbuh di permukaan matahari sehingga ledakan skala besar sangat mungkin terjadi. "Semakin mendekati puncak siklus (tahun 2003), flare semakin besar dan intensif," kata dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Elegant Rose - Double Heart

https://twitter.com/WAdistya